Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 02 Juli 2013

Panduan Membuat Grafik Garis Sparkline di Microsoft Excel 2010

Grafik Garis Sparkline adalah jenis grafik baru yang dihadirkan di Microsoft Excel 2010, grafik jenis ini sangat berguna untuk menggambarkan perubahan data yang terjadi dalam rentang waktu tertentu misalnya perubahan harga saham dari bulan Januari ke bulan Desember di tahun 2013.

Cara Membuat Grafik SparkLine Menggunakan Microsoft Excel
Mengapa grafik jenis ini lebih mudah digunakan untuk data perubahan dalam rentang waktu tertentu? Karena Grafik Garis Sparkline akan ditampilan di sel terpisah tepat di samping data angka di dalam dokumen Excel. Namun begitu, Grafik Garis Sparkline tidak hanya digunakan untuk pergerakan saham saja, Anda dapat pula menggunakan Grafik Garis Sparkline sebagai grafik penjualan, produksi, harga dan lain sebagainya.
Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit panduan membuat Grafik Garis Sparkline di Microsoft Excel 2010. Selamat menyimak!

  • Pertama siapkan data yang akan diolah di dalam dokumen Microsoft Excel 2010.
  • Pilih sel yang akan menjadi lokasi grafik, kemudian klik Insert – Sparklines – Lines.
Proses Pembuatan Grafik Spark Line di Office 2010
  • Akan muncul menu dialog “Create Sparklines” di layar komputer Anda. Selanjutnya klik tombol di sebelah Data Range dan blok sel data misalnya dari C8 hingga G8 kemudian klik tombol OK.
  • Kini grafis garis Sparklines telah muncul di sel tepat di kolom 8 atau sesuai lokasi yang Anda pilih.
Grafik SparkLine dengan Menggunakan Excel
  • Untuk sel selanjutnya, cukup klik sel grafis garis Sparklines kemudian lakukan copy dengan menarik dari sudut sel bertanda (+) hingga ke bagian sel yang Anda inginkan.
Grafik SparkLine di excel 2010
Mengganti Warna Garis Sparklines
  • Untuk mengganti warna grafik garis sparkline cukup dengan memblok grafik kemudian di bagian Sparkline Tools klik Design dan pada grup Style silahkan Anda pilih warna yang Anda inginkan.
Mengganti warna grafik Spark Line di Office 2010
  • Atau apabila Anda ingin menentukan warna yang berbeda dari grup Style, Anda dapat mengklik Sparkline Color dan pilih warna sesuka Anda.
Cara Menggunakan Grafik Spark Line di Office Excel 2010
Nah, sekarang grafis garis sparklines di Office 2010 telah berhasil dibuat plus dengan warna yang Anda inginkan, saatnya untuk mempersiapkan diri untuk presentasi di depan manajemen. Selamat bekerja!

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About