Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Jumat, 10 Mei 2013

Cara Mudah Install Font dari Google Web Fonts ke Komputer


Font atau Huruf merupakan elemen paling kecil dari sebuah kalimat, setiap karakter yang tersusun membentu sebuah kata dan akhirnya menjelma menjadi sebuah susunan kalimat nan enak dibaca. Selain kalimat dan pemilihan kata yang tepat, dalam sebuah karya tulis apapun jenis atau gaya huruf yang digunakan juga memberikan nilai tambah tersendiri.

Install Google Fonts ke Windows
Secara default Microsoft telah menyertakan ratusan jenis huruf yang dapat Anda pergunakan ketika menyusun suatu dokumen baik persentasi, thesis ataupun kegiatan lainnya. Namun begitu, terkadang jenis huruf yang disediakan oleh Microsoft tidak sesuai dengan selera pengguna, sehingga permintaan akan jenis huruf yang lebih beragam cukup tinggi.

Jika Anda adalah salah satu dari pengguna yang haus akan modifikasi dan merasa kekurangan variasi jenis huruf, cobalah layanan yang diberikah oleh Google bernama Google Fonts, di mana di situs layanan gratis ini Anda dapat memilih jenis font yang unik dan menarik kemudan menginstal font tersebut ke dalam komputer Anda. Berikut adalah step by stepnya:
  • Pertama kunjungi web layanan Google Fonts di sini: http://www.google.com/webfonts
  • Kemudian Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini, silahkan Anda ketikkan beberapa kata untuk melihat preview setiap jenis font. Untuk melihat jenis font yang paling populer, silahkan klik drop down menu pada menu Sorting dan pilih Trending, atau sesuaikan dengan jenis sortir yang Anda inginkan. Scrol ke bawah untuk memilih jenis font yang Anda sukai, jika sudah ditemukan silahkan klik tombol Add to Collection. Tindakan ini tidak akan langsung mengunduh file font, tetapi akan menyimpan pilihan Anda ke dalam folder koleksi.
Install fonts dari google ke komputer
  • Ini dia folder koleksi yang saya maksudkan.
Install font Google ke system komputer Windows dan LInux
  • Untuk mendownload koleksi, klik pilihan menu pada bagian kanan atas; Download your Collection.
Download Google Fonts
  • Kemudian akan muncul jendela pop seperti gambar di bawah ini, klik Download the font in your Collection as a zip-file. Dan komputer akan mengunduh file font Anda.
Koleksi font Google
  • Ekstrak file font yang telah Anda download, kemudian klik dua kali pada file font tersebut. Lalu klik Install dan tunggu hingga proses instalasi font selesai, setelah selesai tutup kembali jendela tersebut.
Install font dari Google ke komputer dan laptop
  • Sekarang coba buka aplikasi Notepad atau Microsoft Word Anda dan ketikkan sederet kalimat kemudian rubah jenis font kalimat tersebut, dan temukan jenis huruf yang telah Anda instal tadi- pada kasus ini adalah Henny Penny – lalu lihat perubahan yang terjadi.
Contoh fonts Google yang sudah di install di komputerTidak sulit bukan? Sekarang, jika Anda membutuhkan jenis font yang unik dan menarik, silahkan lakukan langkah-langkah di atas, masih banyak jenis fonts dari Google yang dapat Anda eksplore lebih jauh lagi sehingga ke depan pilihan gaya font Anda akan lebih banyak dan tentu hasil modifikasi teks Anda jauh lebih baik dan menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About