Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Senin, 13 Mei 2013

Panduan Mudah Menambahkan Menu Safe Mode pada Boot Manager di Windows 8


Safe Mode merupakan tool bawaan yang sudah didesain sedemikian rupa oleh Microsoft agar pengguna dapat melakukan pengaturan lebih lanjut dalam kondisi tanpa instalasi aplikasi pihak ketiga sehingga komputer benar-benar dalam kondisi aman tanpa harus menanggung berbagai macam konflik baik pada sistem, service maupun registry.

Cara mudah menambahkan menu Safe Mode pada menu Boot Manager Windows 8
Di Windows 8 Anda tidak perlu booting ulang hanya untuk mengakses Safe Mode, karena sebenarnya ada tombol atau menu khusus di mana Anda dapat menjalankan langsung fitur Safe Mode dari desktop. Namun demikian Safe Mode tidak selalu tersedia di semua sistem operasi Windows 8, nah jika Anda tidak menemukan tombol Safe Mode di Windows 8 Anda, simak panduannya di bawah ini:

  • Jalankan Elevated Command Prompt dengan cara klik Power User Tasks Menu dan klik Command Prompt (Admin).
  • Pada jendela Command Prompt ketikkan: bcdedit /enum /v kemudian tekan tombol Enter, lihat hasilnya di gambar berikut ini:
Menu Edit Windows 8 StartUp
  • Mohon perhatikan pada bagian Windows Boot Loader pada gambar di atas, terdapat kode identifier, (contoh Identifier: ex: {672baf70-e2b4-11e0-8f18-f57b82248477}) kode tersebut akan kita gunakan pada perintah selanjutnya, jadi mohon dicatat atau dicopy.
  • Kemudian pada jendela Command Prompt anda ketikkan perintah berikut ini:
bcdedit /copy {kode nomor identifier} /d “Windows 8 Safe Mode 
  • Sebagai contoh, kode nomor identifier Anda adalah: {672baf70-e2b4-11e0-8f18-f57b82248477}, maka kode perintahnya adalah sebagai berikut: bcdedit /copy {672baf70-e2b4-11e0-8f18-f57b82248477} /d “Windows 8 Safe Mode. Kemudian tekan enter dan akan ada pemberitahuan “The Entry was successfully copied.” Lihat gambar di bawah ini untuk petunjuk lebih detail.
Menambahkan Menu Safe Mode pada proses booting Windows 8
  • Selanjutnya buka Charm Bar dan klik tab Search atau Anda dapat menekan tombol Windows + F. Ketikkan msconfig pada kotak pencarian Apps, secara instan akan muncul menu msconfig.exe di sebelah kiri layar komputer Anda, klik menu tersebut.
Contoh pengaplikasian Menu Safe Mode pada Windows 8
  • Klik menu tab Boot kemudian lakukan verifikasi bahwa sistem operasi Anda adalah Windows 8 atau dapat pula Anda pilih sesuai keinginan Anda, kemudian centang kotak Safe boot – Minimal, atur Timeout menjadi 30 detik, centang pilihan Make all boot settings permanent dan terakhir klik tombol OK.
Edit StartUp Menu Safe Mode pada Windows 8
  • Klik lagi tombol Yes untuk melakukan konfirmasi perubahan.
Merubah booting windows 8
  • Lalu terakhir klik tombol Restart.
Proses pemanggilan booting Menu Windows 8
Saat komputer kembali dalam kondisi hidup, kini Safe Mode telah tersedia di menu Winsows 8 dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Bagaimana, cukup ribet ya? Ikuti saja langkah demi langkahnya, mudah kok, hanya pada bagian Command Prompt saja yang lumayan rumit. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Read more: http://blog.fastncheap.com/panduan-mudah-menambahkan-menu-safe-mode-pada-boot-manager-di-windows-8/#ixzz2T9v9jIwY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About